Tempat-tempat Wisata Berbalut Misteri Yang Menarik Untuk Dikunjungi

 0

Mencari alternatif tujuan wisata mempesona mungkin bisa dilakukan untuk mendapatkan variasi pengalaman wisata yang menyenangkan. Tak perlu kita melangkah terlalu jauh hanya untuk pengalaman menarik jika bisa mendapatkannya di sekitar kita.

Berbagai pesona alam cantik di negara kita menyediakan berbagai macam pilihan lengkap bagi yang hendak berwisata. Mulai dari wisata sejarah, gunung, pantai, dan alam hutan merupakan sebagian kecil saja. Masih ada misteri yang belum terkuak dari alam kita ini yang menarik untuk ditelusuri. Berikut ini tempat-tempat wisata berbalut misteri yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pelabuhan Ratu

Jika pernah mendengar kisah Nyai Roro Kidul sang penguasa Laut Selatan, kita akan terbayang tentang legenda Ratu Selatan yang konon memiliki tempat-tempat yang penghubung antara Kanjeng Ratu ke alam nyata. Legenda tentang Ratu Selatan ini memang sudah tersohor di telinga wisatawan. Ratu Kidul dan para pasukan jinnya konon bersemayam menjadi penguasa kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa. Tak heran kesan mistik juga horor sangat melekat di kawasan pantai-pantai selatan tersebut.

Ada beberapa tempat di Pelabuhan Ratu yang menjadi penghubung antara dunia nyata dan dunia gaib Nyai Roro Kidul yang merupakan ‘pintu’ menuju alam Ratu Pantai Selatan.

• Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi

Di pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi ini, terkenal karena mitos Nyai Roro Kidul di mana sekitar pantai tersebut bahkan ada sebuah hotel yang membuat kamar khusus bagi Sang Ratu. Hotel ini bernama Inna Samudera. Saat berwisata ke Pelabuhan Ratu, kita akan melihat bentangan laut biru dengan ombak yang sangat besar. Di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu ini ada beberapa pantai selatan lainnya. Tak hanya pantai, di atas bukit Pelabuhan Ratu terdapat juga sebuah vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa dimana kita bisa menikmati sejuknya angin laut di bentangan laut lepas pantai selatan.

• Hotel Inna Samudera, Sukabumi, Jawa Barat

Hotel Inna Samudra Beach di Pelabuhan Ratu

Hotel Inna Samudra Beach di Pelabuhan Ratu

Informasi dari situs Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, hotel berbintang di kawasan Pelabuhan Ratu ini mempunyai fasilitas lengkap, mulai dari servis yang bagus, kolam renang, taman bermain, hingga lokasinya tepat di pinggir pantai. Selain itu, yang membuat terkenal, hotel ini juga memiliki kamar untuk Nyai Roro Kidul yang mitosnya pada kamar 308 dipercaya sebagai tempat istirahat Nyai Roro Kidul. Kamar ini juga tak penah sepi dari pelancong yang hendak meminta ilmu di kamar tersebut dengan membayar Rp 35.000. Warna hijau dengan dupa serta sesajen terlihat kamar ini. Terpampang lukisan Nyai Roro Kidul juga perhiasan, baju, dan pemberian-pemberian orang-orang pertapa.

2. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Sebagaimana legenda laut selatan di Pelabuhan Ratu, Pantai Parangtritis juga menyimpan legenda Nyai Roro Kidul. Sebagian orang percaya larangan pengunjung mengenakan pakaian berwarna hijau saat mengunjungi pantai ini karena dikhawatirkan akan menjadi sasaran Nyai Roro Kidul untuk dijadikan sebagai pelayannya.

Pantai Parangtritis menjadi salah satu pantai untuk persembahan sesajian pada saat malam 1 Suro. Dari tepi pantainya akan terlihat laut lepas yang biru dengan deburan ombak yang ganas serta tebing-tebing yang sangat tinggi menjulang. Selain itu konon ada beberapa gua di tempat ini yang jika ditelusuri juga memiliki legenda mistis tersendiri.

Pantai Parangtritis sendiri sebenarnya menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer yang ada di Yogyakarta. Tak hanya sekadar berjalan-jalan, berwisata di sini juga bisa menikmati alam sambil menunggang kuda, delman, atau bermain layangan serta permainan mengendarai motor ATV menyusuri pasir pantainya yang sangat luas.

3. Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu dan Tugu Muda di Semarang

Lawang Sewu dan Tugu Muda di Semarang

Lawang Sewu di Semarang merupakan gedung tua yang bersejarah peninggalan zaman Belanda sebagai pusat perusahaan kereta api. Nama Lawang Sewu berasal dari bahasa jawa dengan kata “Lawang” yang berarti pintu, “Sewu” berarti seribu. Sebenarnya jumlah pintu di sini tak sebanyak itu, hanya 342 buah. Apabila di telaah pintu seribu ini termasuk juga jendela dengan bentuk sangat lebar, hingga diasumsikan sebagai pintu. Lawang Sewu merupakan saksi bisu pertempuran Pahlawan melawan penjajah Belanda. Tempat wisata terkenal di Semarang, dengan bangunan tua yang unik desain khas Belanda yang sangat bagus untuk latar fotografi.

Gedung tua ini juga menjadi saksi pertempuran Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan penjajahan Jepang untuk mengambil alih kereta api hingga terjadi pertumpahan darah belasan pemuda. Banyak wisatawan yang datang di malam hari yang malahan banyak dari mereka sengaja hunting foto seram. Bangunan ini telah mengalami renovasi, lampu disetiap sudut bangunan sehingga tidak lagi nampak begitu menyeramkan saat malam hari.

Cerita misteri Lawang Sewu sudah beredar luas khususnya masyarakat asli Semarang, bahwa hampir di seluruh bagian gedung ini terdapat makhluk halus penunggu mulai dari jenis hantu berwujud tentara Belanda, Noni Belanda, Gendoruwo, serta kuntilanak. Berbagai versi kisah mistis lawang sewu mulai dari ruang bawah tanahnya yang berhantu yang tempat ini rumah bagi mahluk dunia lain. Tidak ada bukti otentik mengenai cerita mistis tersebut, namun kisah mistis yang terjadi pada gedung tua ini bukan hanya dialami satu dua orang saja, tetapi banyak sekali yang mengalami kejadian aneh di tempat ini.

Menurut cerita dari saksi, ruangan yang paling terkenal angker dari gedung tua ini adalah sumur tua, penjara berdiri, penjara jongkok, lorong lorong, juga ruang penyiksaan. Di tempat-tempat tersebutlah paling sering penampakan mahkluk astral. Ruang Penjara Berdiri dulunya digunakan sebagai tempat menampung para tahanan dengan berdesak-desakkan sungguh tragis, hingga ada yang meninggal dunia di tempat. Penjara jongkok untuk menahan tawanan, namun bedanya penjara jongkok adalah sebuah ruang tahanan yang sangat sempit, dengan ketinggian 1,5 m. Bisa bayangkan derita tawanan di ruangan ini.

Demikian ulasan tempat-tempat wisata berbalut misteri yang menarik dikunjungi. Bila hendak mengunjungi tempat-tempat tersebut, pastikan persiapan mental yang kuat serta iman agar gangguan tidak mengiringi perjalanan wisata kita.