Di Sinilah Tempat Wisata Pantai Untuk Menyaksikan Kawanan Lumba-Lumba

 0

Keindahan pantai akan semakin semarak dengan tampaknya satwa laut yang bisa disaksikan langsung oleh pengunjung. Salah satunya satwa lumba-lumba yang kelestariannya dilindungi pemerintah dengan undang-undang. Tak banyak tempat untuk melihat lumba-lumba langsung di alam bebas. Satwa langka yang lucu ini dapat muncul sesekali ke permukaan di sekitar habitatnya.

Betapa pengalaman luar biasa jika bisa menyaksikan langsung di alam bebas habitat aslinya. Inilah yang menjadi daya tarik dari kedua pantai yang akan diulas tuntas keunikan wisatanya. Berikut tempat wisata pantai untuk menyaksikan kawanan lumba-lumba.

Pantai Lovina

Lumba-lumba di Pantai Lovina Bali

Lumba-lumba di Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina di pulau Bali bagian utara ini tentu merupakan satu nama yang makin sering terdengar saat membicarakan pantai yang terkenal di pulau ini. Pantai Lovina letaknya di Desa Kalibukbuk, termasuk wilayah Kab. Buleleng, Bali. Dari Kota Singaraja, pantai ini hanya sekitar 9 km. Dari arah pelabuhan Gilimanuk membutuhkan waktu sekitar tiga jam berkendara.

Memang pantai Lovina Bali semakin menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung menjelajahi keindahannya. Kawasan pantai Lovina juga menawarkan satu keunikan yang istimewa, yaitu kesempatan untuk berada dekat kawanan lumba-lumba di laut lepas. Di kawasan pantai Lovina yang banyak turis asing inilah wisatawan baik lokal maupun mancanegara memuaskan batinnya dengan menyaksikan kawanan lumba-lumba, hewan mamalia laut yang bersahabat itu.

Jika dibandingkan dengan kawasan bali bagian selatan, memang kawasan ini tak begitu ramai. namun hal inilah yang menjadi kelebihan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai suasana liburan yang beda. Dengan suasana lebih tenang, pantai alami dan ombak sayup yang ditawarkan kawasan pantai utara Bali ini memiliki daya pikat tersendiri.

Kata lovina nama pantai ini berasal dari dua kata yang berbeda, yaitu “LOVE” berarti cinta dan bahasa Bali “INA” yang berarti ibu, yang mana beberapa orang mengartikan sebagai kecintaan pada ibu pertiwi / tanah kelahiran.

Salah seorang putera daerah, yaitu seorang Bali yang bernama Anak Agung Panji Tisna pernah melakukan perjalanan ke berbagai negara Eropa dan Asia. Salah satu yang menarik perhatian dalam perjalanannya ke luar negeri, saat beliau tinggal beberapa minggu di Mumbai. Gaya hidup penduduk di sana yang mirip dengan kehidupan di Bali mempengaruhi wawasan beliau ke masa depan Bali, terutama bidang pembangunan kesejahteraan masyarakat di Kab. Buleleng hingga memberikan inspirasi untuk membangun sebuah peristirahatan seperti di sana. Lalu beliau membangun sebuah penginapan kecil untuk wisatawan yang berkunjung di pantai utara bali yang diberi nama LOVINA. Kini pantai Lovina Bali menjadi salah satu ikon kawasan wisata pesisir pantai utara di pulau Bali.

Warna pasir pantainya yang hitam ini tentu kontras dibanding pantai di selatan Bali yang terkenal dengan pasir putihnya. Pantai ini digelari dolphin beach atau pantai lumba-lumba. Di tempat ini kita berkesempatan untuk bertemu lumba-lumba di laut lepas dimulai pagi-pagi sekali menaiki perahu. Lalu sekitar pukul enam baru terlihat kawanan lumba-lumba yang berjumlah ratusan.

Pantai Teluk Kiluan

Pantai Teluk Kiluan di Lampung Untuk Melihat Lumba-lumba

Pantai Teluk Kiluan di Lampung Untuk Melihat Lumba-lumba

Lokasi lainnya untuk menyaksikan kawanan lumba-lumba adalah Teluk Kiluan di Lampung yang juga memiliki pesona laguna yang keren. Teluk Kiluan yang merupakan primadona Lampung ini menyuguhkan ragam wisata bahari mulai dari wisata alam pantai, snorkeling, diving, hingga atraksi lumba-lumba di perairan alam bebas.

Teluk Kiluan yang secara administratif terletak di Desa Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung ini merupakan teluk yang menjadi jalur migrasi bagi dua jenis lumba-lumba yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) juga lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Bahkan jumlah lumba-lumba yang melintasi jalur di teluk ini disebut-sebut terbanyak di dunia. Sehingga tak heran banyak wisatawan yang mengikuti Dolphin Tour, yaitu wisata favorit di Teluk Kiluan. Dengan tur tersebut wisatawan bisa menyaksikan langsung sekelompok kawanan lumba-lumba muncul ke permukaan laut.

Banyak operator tur yang menawarkan Dolphin Tour yang biasanya digelar pukul 06.00-10.00 WIB atau pukul 16.00-17.00 WIB dengan menaiki ‘ketingting’ atau perahu bermesin. Sekitar 1-5 mil ke tengah laut terlihat lumba-lumba yang berlompatan di sekitar perahu.

Selain Dolphin Tour yang ditawarkan wisata pantai ini, juga terdapat laguna keren yang letaknya tersembunyi di balik batu karang yang terjal. Air lautnya sangat jernih dengan kedalaman 1-3 m juga memberikan pemandangan pantai Gigi Hiu yang letaknya tak jauh dari sana. Pantai ini memiliki keunikan berupa batu karang mirip gigi hiu runcing-runcing yang menjulang tinggi.

Perjalanan menuju Teluk Kiluan ini cukup mudah, jika dari Bandar Lampung, bertolak ke arah Padang cermin hingga persimpangan masuk pangkalan TNI AL. Lalu di persimpangan itu ambil jalur kiri menuju pangkalan AL hingga Pasar Bawang. Di persimpangan pasar itu ambil jalan ke kanan hingga bertemu persimpangan terakhir di mana arah kiri terdapat gapura menuju Teluk Kiluan.

Demikian ulasan tempat wisata pantai untuk menyaksikan kawanan lumba-lumba. Semoga bermanfaat untuk yang ingin berlibur seru di antara kawanan lumba-lumba.

Related Posts